Kondisi disekitar Hutan Lindung Sungai Lesan (HLSL) semakin hari semakin ramai dengan perkebunan kelapa sawit, membuat ruang gerak satwa termasuk orangutan yang berada dalam kawasan tersebut semakin sempit.

OWT sebagai penerima dana hibah Program TFCA Kalimantan melakukan pencegahan degradasi dan mengurangi tekanan terhadap HLSL dengan ide membangun jalur koridor satwa terutama orangutan dari HLSL menuju perusahaan HPH Gunung Gajah. Kegiatan ini dimulai dengan melakukan survey kelayakan pembangunan koridor satwa tersebut. Survey ditujukan untuk mendapatkan data kelayakan pembangunan koridor satwa orang-utan, data pakan dan tempat bersarang orangutan di jalur rencana koridor, data keanekargaman hayati di sekitar HLSL dan memperkenalkan HLSL kepada dunia luar bahwa HLSL mempunyai kekayaan SDA yang cenderung masih baik.

Survey dilaksanakan dari tanggal 8 Januari – 8 Maret 2018 melibatkan mahasiswa pasca sarjana dari Universitas Copenhagen Denmark dan lembaga Nemdoh Nemkay (NN). Selama melakukan pengambilan data tim survey membuat camp dan menginap di hutan untuk memudahkan mobilisasi tim dan mengetahui keadaan hutan secara lebih baik.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.