Operasi Wallacea Terpadu (OWT) turut berpartisipasi dalam kegiatan Seminar Nasional Pengelolaan DAS Terpadu untuk Kesejahteraan Masyarakat yang berlangsung di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya Malang, Selasa (30/9).  Dalam kegiatan ini, OWT menampilkan berbagai produk penyadaran berupa Poster, Seri Manual Rehabilitasi dan Restorasi DAS, Majalah Lestari Desaku, Buku Nasionalisme Lingkungan dan berbagai Leaflet penyadaran lingkungan.

Para peserta seminar terlihat sangat antusias melihat berbagai produk penyadaran yang ditampilkan, peserta juga aktif bertanya kepada staf OWT yang bertugas menjaga stand.

Menurut Direktur OWT Dr. Edi Purwanto, keikutsertaan OWT dalam kegiatan seminar ini adalah bentuk partisipasi OWT dalam pengelolaan DAS sekaligus mempromosikan berbagai produk penyadaran  OWT yang berkaitan dengan pengelolaan DAS.

Seminar Nasional Pengelolaan DAS Terpadu yang diselenggarakan oleh Balai Penelitian Teknologi Kehutanan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPTKP DAS) bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, dengan mitra utama World Agroforestry Centre (ICRAF-SEA), Himpunan Ilmu Tanah (HITI) Komda Jatim, dan Masyarakat Konservasi Tanah dan Air Indonesia (MKTI) bertujuan untuk menyediakan sarana bagi para pihak untuk dapat meyampaikan dan membahas hasil penelitian terkini tentang pengelolaan DAS, sehingga akan terjalin komunikasi interaktif antar pihak terkait tentang teknologi dan metode pengembangan pengelolaan DAS.

Kegiatan ini dihadiri para peneliti, praktisi, pengambil kebijakan, dan komponen masyarakat lain terkait dengan upaya pengelolaan DAS, untuk ikut berpartisipasi dalam acara seminar melalui diskusi, berbagi gagasan serta pengalaman penelitian dan kegiatan lain terkait dengan pengelolaan DAS.

Acara ini juga dimeriahkan oleh pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Edi Purwanto yang merupakan Direktur Operation Wallacea Terpadu (OWT).

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit