Pendampingan Pemetaan Hutan Desa di Kampung Sido Bangen

 

Kampung Sido Bangen merupakan salah satu Kampung dampingan yang berbatasan dengan Hutan Lindung Sungai Lesan (HLSL). Kampung yang terbentuk tahun 1990an ini merupakan bekas wilayah konsesi beberapa perusahaan. Semakin meningkat jumlah penduduk mulai muncul gangguan baik penyerobotan lahan maupun kegiatan pengambilan kayu secara illegal. Diperlukan pemetaan tata guna lahan terutama untuk pemukiman atau lahan Kampung agar masyarakat mengetahui batasan lahan yang dapat dikelola. Adanya pengaturan tata guna lahan akan memudahkan pemerintah Kampung dalam penggunaan dana Kampung terutama dalam hal pembangunan jalan ataupun pembangunan fasilitas lainnya. Peta tata guna lahan dapat dikomparasikan dengan peta yang dimiliki pemerintah untuk dijadikan bagian RTRW di kabupaten dan menghindari adanya perizinan yang dikeluarkan pihak pemerintah kabupaten tanpa koordinasi dengan pemerintah Kampung

Peta tata guna lahan kampung dibuat dengan tujuan untuk melindungi/mengunci lokasi Kampung dari penjarahan ataupun perluasan garapan masyarakat, melindungi mata air di lokasi tersebut, mengetahui batas-batas hutan yang dilindungi dengan mematoknya dengan batas-batas. Kegiatan ini awalnya diinisiasi pemerintahan Kampung untuk menjadikan lokasi hutan desa yang sedang marak didengungkan pemerintah, mengingat saat ini banyak masyarakat yang tidak bisa bekerja di hutan negara. Inisiasinya pun telah didiskusikan dengan OWT beberapa tahun yang lalu, ditahun ini usulan tersebut diakomodir dalam APBK Kampung Sidobangen. Hal ini sangat menarik jika dilihat dari tingkat kesadaran pemerintah Kampung yang peduli dengan keberadaan hutan di Kampung mereka, artinya mereka peduli dengan keberlanjutan Kampung mereka dari sisi lingkungannya.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini OWT berperan sebagai pendamping teknis pemetaan dan hasilnya akan dikonsultasikan dengan pihak dinas kehutanan dalam hal ini KPHP Berau Barat. Konsultasi dilakukan untuk menyamakan persepsi dan menyesuaikan dengan peta yang ada guna menghindari tumpang tindih lahan di daerah tersebut. Hal ini juga sekaligus sebagai sosialisasi Kampung kepada pihak kehutanan tentang keberadaan hutan Kampung yang di inisiasi sendiri oleh Kampung. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi Kampung-kampung lain untuk dapat mengalokasikan wilayah mereka sebagai hutan penyangga sumber air Kampung maupun cadangan wilayah yang nantinya akan mengalami perkembangan.

Kegiatan ini diawali dengan briefing kepada seluruh tim yang akan ke lapangan mengambil titik dan menancapkan tapal batas di lokasi hutan desa tersebut. Lokasi yang akan diambil titiknya terdiri dari 2 tempat yang lokasinya bersebelahan. Selain diberi patok batas, lokasi juga ditandai dengan cat merah disepanjang jarak antara patok untuk memberi peringatan kepada masyarakat yang memasuki kawasan tersebut bahwa mereka memasuki kawasan hutan desa. Potensi yang ada didalamnya juga diambil titik koordinatnya seperti pohon besar, sungai, air terjun dan lain-lain. Tim berjalan secara bersama-sama, ada yang berperan sebagai pengambil titik, pengecat, penunjuk jalan, dan pembawa patok yang secara bersama melaksanakan tugas masing-masing.

Setelah kegiatan pengambilan titik tersebut pihak Kampung mengkoordinasikannya dengan pihak KPHP Berau Barat untuk mengetahui status lahan yang dipetakan tersebut. Disinilah akan kelihatan status dan beban lahan yang dipetakan yang ternyata sudah mempunyai izin lokasi perkebunan kelapa sawit PT. Citra Indonesia Agro dan sebagian masuk di hutan produksi PT Belantara Pusaka.

Pemerintah Kampung akan difasilitasi OWT untuk dikoordinasikan lebih lanjut kepada pihak KPHP Berau Barat bagaimana status dan keberlanjutan lokasi yang mereka telah petakan.

Gambar  Peta Rencana Hutan Desa Kampung  Sidobangen

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.