Cover Buku Deforestrasi

SEKITAR dua dasawarsa terakhir ini masalah tata air (hydro- logy) hutan tropika basah (moist humid tropical forest) telah menjadi topik yang selalu hangat dan menarik untuk dibicarakan. Kini telah cukup banyak penelitian yang dilakukan di berbagai wilayah tropika basah (humid tropics) untuk mengetahui berbagai dampak konversi hutan terhadap karakteristik lingkungan tata air, namun tidak jarang hasil -hasil penelitian tersebut kontroversial satu sama lain.

Lebih-lebih mengingat hutan tropika basah saat ini telah menjadi ajang kepentingan berbagai pihak, sering terlontar berbagai pernyataan atau kesimpulan yang kurang tepat, generalisasi yang berlebihan, maupun kurang mendasarkan kepada pemahaman secara cermat dan menyeluruh terhadap keterkaitan proses yang terjadi di alam. Kondisi ini seperti yang disinyalir oleh Lawrence S. Hamilton, telah menyebabkan informasi aspek lingkungan tata air hutan tropika basah dirundung penyakit 4 M yaitu, Misinformation, Misinterpretation, Misunderstanding, dan Mitos (myth).

Sayangnya masih banyak pihak yang menerima begitu saja berbagai informasi (hasil penelitian maupun sekedar penyataan), kemudian mengekstrapolasi hasil tersebut, tanpa mengkaji terlebih dahulu prosedur pengambilan dan pengolahan data, dalam kondisi lingkungan bagaimana penelitian tersebut dilakukan, sumber ketidakte- litian dan metode, teknik atau model yang digunakan, serta mengkaji sumber kontroversi berbagai hasil penelitian dari tempat dan metode yang berlainan untuk kemudian dicari benang merahnya.

Untuk melakukan hal tersebut memang diperlukan waktu, ketekunan dan ketersediaan informasi yang memadai, yaitu berbagai penelitian yang dipublikasikan di sejumlah jurnal, hasil simposium, buku. tesis, disertasi pada berbagai disiplin ilmu yang berkaitan erat dengan masalah lingkungan tata air hutan tropika basah baik dari dalam maupun luar negeri. Seringkali informasi semacam ini belum sepenuhnya tersedia pada sebagian besar perpustakaan di Indonesia.

Banyak di antara mereka yang berkecimpung di bidang ini, karena terlalu banyak tugas, sering mengalami keterbatasan waktu untuk melakukannya.

Dalam buku ini, penulis mencoba untuk mensarikan status pemahaman terakhir tentang resiko, implikasi dan sekaligus pelurusan berbagai mitos deforestasi hutan tropika basah terhadap perubahan lingkungan tata air dengan penekanan khusus karakter deforestasi, kondisi iklim maupun biofisiografi di Indonesia. Lebih dari itu juga diungkapkan berbagai prinsip pengukuran parameter yang berkaitan erat dengan kegiatan penelitian bidang ini di Indonesia. Kemudian pentingnya menginterpretasi, mengakomodasikan berbagai informasi ilmiah yang berkaitan dengan topik tersebut dalam konteks pema- haman dan pengelolaan hutan tropika basah di Indonesia.

Berbagai bahan di atas sengaja diramu secara bersama dalam buku ini. Agar ramuan ini tidak terasa “pahit” serta mampu meng akomodasikan dan menjangkau selera khalayak pembaca seluas- luasnya, yang tentunya memiliki latar belakang disiplin ilmu, tingkat pendidikan dan profesi yang beragam, maka buku ini sengaja ditulis secara ilmiah populer. Ringkas dan padat, diusahakan cukup ringan, enak dibaca dan mudah dicerna, namun tetap kaya dengan informasi ilmiah terbaru yang penting diketahui baik oleh kalangan ilmiah, praktisi maupun pemerhati.

Akhirnya, mengingat masih langkanya buku yang membahas topik ini dalam bahasa maupun konteks situasi Indonesia, yang nota- bene memiliki hutan tropika basah urutan ketiga di dunia (setelah Brazil dan Zaire) dan mengalami laju deforestasi tertinggi di kawasan Asia Pasifik serta menduduki urutan kedua di dunia (setelah Brazil, buku ini diharapkan mampu membuka secercah kejelasan, membuat berbagai pihak, baik pengelola, peneliti, pengajar, maha- siswa, pemerhati, pembela dan pencinta lingkungan, semakin well informed terhadap pemahaman masalah ini. Selamat mengikuti…

Download at: https://issuu.com/owtindonesia/docs/deforestrasi_dan_perubahan_lingkung

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit