38FotoCM(50)Program Nasional Pemberdayaan  Masyarakat (PNPM) merupakan  sebutan baru bagi Program Pengembangan Kecamatan (PPK). PNPM-Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) sebagai program pengentasan kemiskinan yang telah dimulai sejak tahun 1998 disadari selama ini belum banyak menyentuh perbaikan lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam (SDA). Memperhatikan tingginya kerusakan lingkungan di perdesaan, dimana apabila tidak segera diperbaiki akan berpotensi menurunkan tingkat kesejahteraan masyarakat, karena itu aspek lingkungan dan pengelolaan SDA harus menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan perdesaan. Pada tahun 2008 pemerintah mengembangkan Pilot PNPM-LMP/PPK-hijau (Green Kecamatan Development Program) di Sulawesi. Program ini secara resmi telah diresmikan pada tanggal 6 Agustus 2008 di Makassar oleh Departemen Dalam Negeri (Ditjen Pemberdayaan Masyarakat Desa).

PNPM-LMP merupakan sebuah upaya perbaikan kualitas lingkungan hidup dari, oleh dan untuk masyarakat dalam rangka menjamin peningkatan kualitas dan keberlanjutan penghidupan/kesejahteraan (livelihood) masyarakat desa. Kegiatan PNPM-LMP dapat berupa: (a) peningkatan kesejahteraan masyarakat yang sekaligus memperbaiki lingkungan; (b) menstimulasi kebutuhan masyarakat terhadap upaya perbaikan lingkungan untuk menjamin kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan. Inti kegiatan PNPM-LMP adalah kegiatan perbaikan lingkungan desa yang mampu dilaksanakan oleh masyarakat perdesaan, serta memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat perdesaan.

Tahun 2007, OWT mendapat kepercayaan dari Bank Dunia untuk memberikan pendampingan masyarakat dalam pelaksanaan Green-PNPM, khususnya dalam penyadaran dan pelatihan lingkungan. Kegiatan ini merupakan Komponen tiga dari empat komponen Green-PNPM yang didanai oleh CIDA dan diadministrasi oleh Bank Dunia.

Lokasi-lokasi yang menjadi pilot Green-PNPM yang menjadi dampingan OWT yaitu :

  1. Sulawesi Tenggara : Kab. Buton, Kab. Kolaka, dan Kab. Muna
  2. Sulawesi Selatan : Kab. Maros, Kab. Wajo, Kab. Toraja, dan Kab. Luwu Utara
  3. Sulawesi Barat : Kab Mamasa
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit