Capture2Hutan Lambusango selama sepuluh tahun terakhir ini telah menjadi ajang penelitian para ahli biologi konservasi dari berbagai belahan dunia. Sebagian besar dari mereka adalah para peneliti asing yang jauh-jauh dating ke Buton untuk dapat mengamati dan meneliti keragaman hayati Hutan Lambusango. Telah banyak laporan dan tulisan ilmiah di forum international yang mengupas tingginya keragaman hayati Hutan Lambusangoyang merupakan pewakil terhadap kekhasan hayati Zona Wallacea.

Sayangnya, kekhasan, manfaat ekologis, dan tingginya nilai hayati Hutan Lambusango belum banyak dikenal dan dipahami oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, bahkan mereka yang berada di Pulau Buton atau tinggal di sekitar Hutan Lambusango itu sendiri. Kondisi ini sungguh bisa dipahami, mengingat sampai saat ini belum ada publikasi dalam Bahasa Indonesia yang membahas kekhasan dan kekayaan Hutan Lambusango.

Buku sederhana ini ditulis dengan tujuan utama memperkenalkan kekayaan hayati Hutan Lambusango kepada masyarakat sekitar Hutan Lambusango, khususnya kalangan generasi muda terpelajar yang diharapkan akan menjadi kader-kader konservasi hutan di masa depan. Untuk itu buku ini ditulis secara populer dengan target utama kalangan pelajar sekolah menengah dan mahasiswa.

Dengan semakin tingginya kerusakan hutan, kami berharap buku kecil ini mampu menggugah kesadaran  generasi muda terpelajar untuk saling bergandeng tangan membangun gerakan pelestarian hutan, sekarang juga!

Download : Misteri Kekayaan Hayati Hutan Lambusango

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit