5. Manual AgroforestriSemakin luasnya lahan kritis terjadi baik di dalam maupun di luar kawasan hutan. Lahan-lahan kritis di luar kawasan hutan antara lain tersebar di lahan-lahan masyarakat. Kondisi semacam ini menyebabkan perlu segera dilakukannya upaya rehabilitasi lahan kritis yang dapat menjamin keberlanjutan serta memberikan variasi hasil bagi masyarakat.

Salah satu teknik yang dapat diterapkan adalah penanaman dengan pola agroforestri. Pola penanaman agroforestri sebenarnya sudah lama dikenal oleh masyarakat di beberapa daerah di Indonesia, dan terbukti memberi kontribusi nyata bagi penghidupan masyarakat. Hal ini yang menyebabkan tetap dipertahankannya pola agroforestri.

Seiring dengan perkembangan teknik budidaya tanaman, maka berkembang pula teknik penanaman melalui pola agroforestri tersebut, seperti lahirnya kombinasi tanaman kayu keras sebagai tanaman pokok yang dipadukan dengan tanaman pertanian, tanaman bawah, hewan ternak, ikan, hingga lebah. Kemajuan perkembangan pola ini tentu berdampak positif bagi peningkatan pendapatan masyarakat dan perbaikan ekologi.

Agar diperoleh arahan yang jelas dalam mengimplementasikan penanaman melalui pola agroforestri, maka perlu disediakan sebuah manual yang mengupas tentang pemahaman agroforestri itu sendiri. Oleh sebab itu disusunlah sebuah manual agroforestri yang diharapkan bermanfaat bagi para petani di perdesaan. Dalam manual ini disajikan pengertian, manfaat, jenis, contoh-contoh praktek agroforestri di beberapa tempat di Indonesia.

Manual ini juga menyajikan cara sederhana tahapan penanaman lahan dengan pola agroforestri. Manual “Agroforestri” ini merupakan bagian dari Seri Manual Perlindungan dan Rehabilitasi Daerah Tangkapan Air yang mengacu pada prinsip ke 2, 5, 6, dan 10 pada Prinsip Perlindungan dan Rehabilitasi DTA Secara Vegetatif.

Semoga manual ini bermanfaat khususnya dalam pemberdayaan masyarakat dan usaha-usaha penyadaran dan penyelamatan lingkungan.

Download : Manual Agroforestri

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit