7. Manual Budidaya Jamur Merang dan Tiram PutihJerami padi dan serbuk gergaji kayu masing-masing merupakan media tumbuh yang sangat bagus bagi jamur pangan jenis jamur merang dan tiram putih. Potensi limbahnya sangat melimpah di beberapa tempat, terlebih lagi jerami padi yang limbahnya hampir merata di desa-desa. Namun minimnya pengetahuan dan pengusaan teknik budidaya jamur pangan oleh masyarakat menyebabkan masih jarangnya pemanfaatan kedua macam limbah tersebut sebagai media tumbuh jamur pangan yang sesungguhnya dapat menjadi mata pencaharian alternatif untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Pemanfaatannya oleh masyarakat selama ini masih terbatas sebagai bahan pembuatan kompos.

Manual ini dibuat untuk mengupas tuntas informasi tentang budidaya jamur merang dan tiram putih dengan memanfaatkan potensi limbah yang mudah diperoleh di sekitar masyarakat. Untuk memperjelas alur proses budidayanya, maka manual ini juga dilengkapi dengan foto-foto dan gambar ilustrasi.

Manual “Teknik Budidaya Jamur Merang dan Tiram Putih” ini merupakan bagian dari Seri Manual Perlindungan dan Rehabilitasi Daerah Tangkapan Air yang mengacu pada prinsip ke 9 pada Prinsip Perlindungan dan Rehabilitasi DTA Secara Vegetatif.

Semoga manual ini bermanfaat khususnya dalam pemberdayaan masyarakat dan usaha-usaha penyadaran dan penyelamatan lingkungan.

Download : Manual Budidaya Jamur Merang dan Tiram Putih

1 Comment
  1. thanks gan informasinya.. akan saya praktikan semoga sukses

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit