2. Manual Pembuatan Persemaian dan Teknik PembibitanKeberhasilan penanaman tidak lepas dari ketersediaan bibit berkualitas dengan jumlah yang memadai. Untuk memenuhi kebutuhan bibit pada program penanaman, di beberapa tempat masih dijumpai dengan cara membeli bibit jadi. Padahal pengadaan bibit dengan cara membeli sering memiliki berbagai kelemahan, antara lain : tingginya kematian bibit akibat kerusakan fisik saat pengangkutan dari lokasi pembibitan ke lokasi rencana penanaman, rendahnya kualitas bibit, hanya menguntungkan sebagian

pihak karena dana pengadaan bibit tidak berputar di masyarakat, rendahnya rasa memiliki karena bibit bukan hasil karya sendiri, proses pemberdayaan masyarakat tidak berjalan.

Pengadaan bibit dengan cara membeli umumnya terjadi sebagai akibat masih rendahnya pengalaman membuat bibit sendiri oleh masyarakat. Hal ini dapat dimaklumi karena pelatihan pembibitan tidak selalu menjangkau semua masyarakat dan umumnya tidak dilakukan secara optimal hingga tuntas.

Manual ini mencoba menyajikan teknik pembibitan dan pembuatan persemaian secara lengkap yang disusun berdasarkan tahapan kegiatan pembibitan mulai dari membangun persemaian, proses membibitkan tanaman, hingga bibit siap tanam. Manual ini juga dilengkapi gambar berupa foto maupun ilustrasi untuk memudahkan dalam memahami dan mengaplikasikan cara pembuatan persemaian dan pembibitan di lapangan.

Manual “Pembuatan Persemaian dan Teknik Pembibitan” ini merupakan bagian dari Seri Manual Perlindungan dan Rehabilitasi Daerah Tangkapan Air yang mengacu pada prinsip ke 10 pada Prinsip Perlindungan dan Rehabilitasi DTA Secara Vegetatif.

Semoga manual ini bermanfaat khususnya dalam pemberdayaan masyarakat dan usaha-usaha penyadaran dan penyelamatan lingkungan.

Download : Manual Pembuatan Persemaian dan Teknik Pembibitan

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit