3. Manual Teknik Pembibitan VegetatifSalah satu faktor penyebab rendahnya kemauan masyarakat melakukan penanaman pohon adalah lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memanen hasil, hal ini terjadi baik pada jenis tanaman buah-buahan maupun kayu-kayuan. Penyebabnya adalah karena bibit yang ditanam merupakan hasil pembibitan secara generatif (dari benih). Bibit generative memerlukan waktu lama untuk berproduksi dan tidak dapat menjamin sifat unggul yang dimiliki oleh pohon induknya.

Oleh sebab itu penanaman bibit vegetatif menjadi solusi untuk terpenuhinya kecepatan waktu berproduksi dengan tetap mempertahankan sifat unggul tanaman. Untuk mengetahui lebih dalam teknik pembibitan vegetatif, maka diperlukan sebuah manual yang dapat mengupas tuntas tentang teknikteknik pembibitan vegetatif.

Manual ini mencoba menyajikan berbagai teknik pembibitan vegetatif, seperti stek, okulasi, sambung, dan cangkok. Setiap teknik pembibitan vegetative disertai dengan foto-foto alur teknik budidayanya sehingga diharapkan pembaca akan lebih mudah memahami dan dapat mempraktekkannya di lapangan.

Manual “Teknik Pembibitan Vegetatif” ini merupakan bagian dari Seri Manual Perlindungan dan Rehabilitasi Daerah Tangkapan Air yangmengacu pada prinsip ke 10 pada Prinsip Perlindungan dan Rehabilitasi DTASecara Vegetatif.

Semoga manual ini bermanfaat khususnya dalam pemberdayaan masyarakat dan usaha-usaha penyadaran dan penyelamatan lingkungan.

Download : Manual Teknik Pembibitan Vegetatif

 

Video Tutorial Teknik Pembibitan Vegetatif :

https://youtu.be/mapRY01lnY0

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit