1. Manual Teknik Pemetaan DTAPeningkatan kapasitas masyarakat dan pemerintah desa sangatlah penting dalam mengenal sumberdaya alam melalui pemetaan batas Daerah Tangkapan Air (DTA) baik secara sketsa/visualisasi maupun melalui penggunaan peta topografi.

Manual ini disusun untuk memandu para masyarakat desa atau pelaku lainnya dalam memahami konsep pemetaan DTA, mengenal peta topografi, mengenal informasi dalam peta, dan contoh penerapannya dalam melakukan pemetaan baik secara sketsa maupun menggunakan peta topografi yang pada gilirannya bermanfaat dalam perencanaan wilayah desa. Peningkatan kapasitas masyarakat dan pemerintah desa dalam pemetaan DTA diharapkan dapat menambah pemahaman tentang kondisi areal tersebut sebelum dilakukan perencanaan pengelolaannya termasuk perencanaan rehabilitasi lahan yang tertuang dalam sebuah RPJMDES berbasis Daerah Tangkapan Air.

Manual “Teknik Pemetaan Daerah Tangkapan Air” ini merupakan bagian dari Seri Manual Perlindungan dan Rehabilitasi Daerah Tangkapan Air yang mengacu pada prinsip ke 1 dan 7 dari Prinsip Perlindungan dan Rehabilitasi DTA Secara Vegetatif.

Semoga manual ini bermanfaat khususnya dalam pemberdayaan masyarakat dan usaha-usaha penyadaran dan penyelamatan lingkungan.

Download : Manual Teknik Pemetaan DTA

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit