4. Manual Teknik Penanaman dan Pemeliharaan TanamanKegiatan penanaman, khususnya dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahan, merupakan kegiatan berkelanjutan yang tidak hanya dilakukan sesaat seiring dengan selalu bertambahnya luas lahan terdegradasi dari waktu ke waktu.

Keberhasilan suatu kegiatan penanaman sudah jelas tidak luput dari berbagai kegiatan persiapan sebelum penanaman. Pengusaaan teknik penanaman dan pemahaman persyaratan keberhasilan suatu penanaman menjadi modal dasar agar penanaman yang dilakukan tidak sia-sia sehingga dapat dicapai tujuan penanaman dengan kondisi pertumbuhan tanaman yang baik.

Manual ini menyampaikan secara ringkas persyaratan untuk mencapai keberhasilan penanaman, beberapa teknik penanaman, alur kegiatan penanaman mulai dari persiapan hingga pelaksanaan penanaman, alur pemeliharaan tanaman, serta contoh tata waktu dan pembiayaan penanaman dan pemeliharaan tanaman.

Manual “Teknik Penanaman dan Pemeliharaan Tanaman” ini merupakan bagian dari Seri Manual Perlindungan dan Rehabilitasi Daerah Tangkapan Air yang mengacu pada prinsip ke 2, 3, dan 6 pada Prinsip Perlindungan dan Rehabilitasi DTA Secara Vegetatif.

Semoga manual ini bermanfaat khususnya dalam pemberdayaan masyarakat dan usaha-usaha penyadaran dan penyelamatan lingkungan.

Download : Manual Teknik Penanaman dan Pemeliharaan Tanaman

2 Comments
  1. dididmus daby

    Kepada Yth :
    Operator owt
    di –
    tempat
    dengan hormat sehubungan Konservasi hutan pada DAS, dan pengembangan bioesel maka kami masyarakat jayapura pupua rencana mau budidaya kemiri sunan dan jenis tanaman lain lamun kami terkendala dengan pedoman,
    kami mohon kesediaannya dapat mengirimkan berbagai manual teknik di Emai kami
    demikian atas bantuannya di ucapkan terima kasih
    Tuhan memberkati

  2. buku manualnya bagus. terima kasih sudah berbagi

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit