6. Manual Teknik Rehabilitasi Kawasan MangroveTidak dipungkiri lagi bahwa keberadaan ekosistem mangrove dan pantai memberi manfaat yang sangat penting bagi ekosistem di wilayah daratan, baik manfaat biologi, ekonomi, maupun fisik. Intrusi air laut yang menyebabkan meningkatnya kadar garam pada air tanah menjadi isu yang tidak asing lagi seiring semakin lenyapnya vegetasi mangrove.

Mangrove sebagai benteng terdepan di kawasan pesisir tidak dapat dipungkiri lagi memiliki peran yang penting sebagai penyangga bagi ekosistem lautan dan daratan. Oleh sebab itu rusaknya kawasan tersebut mutlak harus dipulihkan kembali melalui rehabilitasi kawasan mangrove. Untuk dapat melakukan rehabilitasi kawasan mangrove, maka perlu dikuasai pemahaman tentang mangrove dan cara rehabilitasinya.

Seperti penanaman di daratan, maka penanaman mangrove pun tidak luput dari kegagalan sebagai akibat tidak dipenuhinya syarat-syarat penanaman yang baik dan benar. Oleh sebab itu dalam manual ini secara ringkas dijelaskan tentang pengenalan tanaman mangrove, peran, serta cara pembibitan hingga penanaman dan pemeliharaannya.

Manual “Teknik Rehabilitasi Kawasan Mangrove” ini merupakan bagian dari Seri Manual Perlindungan dan Rehabilitasi Daerah Tangkapan Air yang mengacu pada prinsip ke 1 dan 5 pada Prinsip Perlindungan dan Rehabilitasi DTA Secara Vegetatif.

Semoga manual ini bermanfaat khususnya dalam pemberdayaan masyarakat dan usaha-usaha penyadaran dan penyelamatan lingkungan.

Download : Manual Teknik Rehabilitasi Kawasan Mangrove

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit