Capture1Alam Indonesia kini sedang menuju kehancuran, berbagai bencana tak henti-hentinya menerpa negeri ini. Saat musim hujan, negeri ini didera luapan air bah, sedangkan di musim kemarau dihempas kekeringan dan kebakaran hutan. Bencana lingkungan yang mestinya force majeur, sesuatu yang tidak bisa diduga, ironisnya telah berubah menjadi keniscayaan.

Yang sungguh memprihatinkan, di saat kondisi alam berada diambang kehancuran yang tak terpulihkan, upaya pelestarian alam dan lingkungan justru menghadapi tantangan yang semakin berat. Kohesitas bangsa ini nampaknya telah begitu longgar, terbukti berbagai unsure pembentuk bangsa ini masing-masing begitu sibuk dan asyik memikirkan disirnya sendiri. Dampaknya adalah tumbukan kepentingan yang mengakibatkan timbulnya mega kerusakan alam dan bencana lingkungan yang luar biasa. Gerakan perusakan nasional yang terjadi secara massif, sangat tidak seimbang dengan upaya perbaikan yang dilakukan dengan setengah hati. Buaian budaya materialism dan kapitalisme yang masuk ke seluruh sel kehidupan bangsa telah menimbulkan “bola-bola liar” yang membuat bangsa ini kehilangan arah dalam menata alam dan lingkungannya.

Memahami kondisi ini dipandang perlu untuk menyemaikan kembali jiwa dan semangat nasionalisme yang paling relevan di tengah keterpurukan mental, moral dan perilaku bangsa yang berdampak kepada kehancuran alam dan tingginya bencana lingkungan buatan manusia adalah Nasionalisme Lingkungan.

Pembangunan nasionalisme lingkungan adalah sebuah gerakan cinta tanah air yang bermanifestasi kepada upaya pemeliharaan kelestarian alam negeri. Hal ini berkaitan erat dengan upaya pembangunan mental, moral dan komitmen anak bangsa terhadap tanah tumpah darahnya. Semangat dan jiwa pemeliharaan alam dan lingkungan (konservasi) harus tumbuh dari setiap dada manusia Indonesia. Konservasi sebagai Mindset pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan harus menjadi way of life yang mampu mewarnai seluruh kehidupan berbangsa dan bernegara.

Download : Buku Nasionalisme Lingkungan

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit