8 – 10 Maret 2017 OWT memfasilitasi 2 orang anggota kelompok Sepet Puri mengadakan studi banding di Abihira Herba Center Samarinda.  Pihak Abihira menjelaskan sejarah membangun bisnis obat-obatan herbal tersebut yang dimulai pada tahun 2007. Dalam studi banding jula dilakukan aktivitas praktek pembuatan teh herbal teh mangar yang mereka kenal dengan teh tahongai. Praktek langsung pembuatan teh mangar dengan cara-cara yang cepat, higienis dan efisien dilakukan oleh peserta studi banding dipandu oleh staf Abihira.Hal paling penting dalam proses ini adalah kehigienisan dan kebersihan produk. Wawasan baru bagi kelompok dalam proses pembuatan teh antara lain cara pengeringan teh, cara memperpanjang lama kadaluarsa dan cara pengemasan teh yang baik, cepat dan praktis.

Peserta studi banding juga dijelaskan bagaimana memulai bisnis teh herbal dengan berbagai media online dan media sosial saat ini. Hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis ini adalah bagaimana membuat kemasan dan promosi teh mangar yang menarik konsumen. Misalnya di kemasan disertakan hasil penelitian dan khasiat teh mangar, kemasannya yang premium dan jumlah isi teh di dalam kemasan. OWT akan melanjutkan pendampingan terhadap kelompok Sepet Puri dengan membuat rumah produksi teh mangar sehingga produksi teh mangar dapat lebih banyak lagi. OWT juga akan mendampingi kelompok untuk bisa mendapatkan izin legal dari dinas kesehatan sehingga mendapatkan pengakuan keamanan untuk dikonsumsi.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.