HLSL Mei, 2016. Selain kegiatan pemberdayaan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat disekitar kawasan Hutan Lindung Sungai Lesan, OWT bersama lembaga lokal (Nemdoh Nemkay) dan atas izin dan dukungan KPHP Model Berau Barat pemegang tapak dari kawasan Hutan di wilayah KPHP Berau Barat, melaksanakan restorasi seluas ± 5 ha di kawasan HLSL.

Kegiatan restorasi yang dilaksanakan adalah penanaman dan perawatan permudaan alam. Bibit yang digunakan dalam kegiatan penanaman berasal dari cabutan dari hutan kampung dan dari Hutan Lindung Sungai Lesan. Anakan yang diambil sebanyak 7.000 tendiri dari 19 spesies seperti Kapur, meranti, tanaman buah kemudian disemaikan di peremaian kampung Sido Bangen.

Total bibit yang ditanam dalam kegiatan restorasi sebanyak 2.500 bibit terdiri dari 1.300 batang untuk penanaman penuh seluas 2 ha dengan jarak tanam 4 m x 4 m, dan 1.200 batang untuk penanaman pengkayaan seluas 3 ha ditanam di lokasi kemiringan terjal dan lokasi bekas terbakar yang masih ada tumbuhan hidup di dalamnya dengan jarak tanam 5 m x 5 m.

Perawatan permudaan alam

Kegiatan yang dilakukan yaitu membersihkan gulma/ kayu kayu kecil yang mengganggu supaya tidak menghambat pertumbuhan pohon yang dipelihara. Lokasi perawatan permudaan alam di lahan puncak bukit dan di sisi utara bukit, karena di lokasi tersebut masih banyak tumbuhan yang masih hijau selamat dari kebakaran sebelumnya. Dan luasan untuk  areal pemeliharaan permudaan sekitar ± 1 ha.

Tim yang terlibat dalam persiapan restorasi ini terdiri dari lembaga mitra Makmur Jaya II, Kelompok Pemuda Peduli Lingkungan (KOPPLING) Sido Bangen dan Nemdoh Nemkai. Mereka dilibatkan agar mengetahui dan bisa menjadi penerus restorasi setelah program TFCA Kalimantan selesai.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.