OWT berkoordinasi kerjasama dengan KPHP Berau Barat turut berpartisipasi dalam Pekan Raya Berau. Dalam kegiatan ini di dipamerkan adalah semua hal yang berhubungan dengan HLSL seperti keanekaragaman hayati yang ada di dalam kawasan HLSL, aktivitas peningkatan mata pencaharian di sekitar kawasan HLSL dan lain-lain dengan konsep “stand tumbuh” yaitu setiap hari ada perubahan dan selalu berinovasi agar pengunjung selalu mendapatkan kesan tidak bosan dan stand menjadi hidup.

Buku, flyer, teh mangar, keripik jamur, kerajinan dari sampah, kerajinan rotan, foto kegiatan dan berbagai produk lainnya dipamerkan dalam ajang ini. Putri Pariwisata Berau dilibatkan oleh KPHP dan mitra untuk mempromosikan stand dan produk. Kehadiran Putri Pariwisata Berau menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung dan diharapkan dapat mempromosikan HLSL di tingkat yang lebih luas dan menjadi salah satu pendukung pelestarian hutan dan promosi isu orangutan yang selama ini selalu dilepaskan di HLSL. Hal ini mengingat kapasitasnya mempromosikan kekayaan dan hal-hal menarik yang ada di Berau

Strategi lainnya untuk memperkenalkan HLSL sebagai salah satu hutan yang patut dijaga adalah dengan melibatkan remaja dalam pameran ini. Remaja yang dipilih adalah remaja yang sebelumnya telah aktif mengikuti kegiatan OWT dalam project TFCA Kalimantan ini. Para diharapkan menjadi kader-kader pencinta lingkungan, ketika ada yang membutuhkan seseorang untuk terlibat dalam project penyelamatan lingkungan, mereka sudah dapat direkrut bergabung di dalamnya.

Dalam pameran ini juga menyediakan kostum orangutan dan burung enggang. Saat ini foto sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Banyak pengunjung yang singgah di stand KPH dan mitra untuk berfoto dengan kostum orangutan dan burung enggang tersebut. Dengan berfoto dengan kedua maskot tersebut secara tidak sengaja telah melakukan kampanye penyelamatan satwa yang dianggap telah langka tersebut.

Kuis berhadiah juga diselenggarakan dengan memanfaatkan moment panggung besar ketika tidak ada acara. Haidah berasal dari hasil kerajinan kelompok dampingan OWT Sepet Puri. Pertanyaan kuis berhubungan dengan HLSL, satwa yang dilindungi, ataupun hal-hal yang berhubungan dengan penyelamatan lingkungan. Dilaksanakan pula pemutaran film HLSL. Film-film yang disajikan berasal dari KPH dan lembaga mitra lainnya seperti TNC, GIZ, OWT dan COP.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.